Affiliate Marketing dan Bisnis Online

affiliates

affiliates

Siapkah Anda untuk berbisnis online?

Tentu saja saya tidak membicarakan bisnis online yang Anda tawarkan dengan jejaring sosial namun bisnis online dimana Anda memiliki web resmi, ijin resmi, produk yang legal dan terdaftar, serta tim professional (kantor dan perangkat lain).

Bisnis dengan system web based memang sedang menjadi trend dan sama halnya dengan bisnis di dunia nyata, disini Anda juga harus mengeluarkan biaya untuk membangun web site anda, membuat jaringan, reputasi, promosi, dan menarik lebih banyak konsumen.

Nah, dalam memasarkan bisnis online Anda, affiliate marketing merupakan dasar dari segala macam metode iklan dan pemasaran online.

Metode Affiliate Marketing

Metode affiliate marketing ini sebenarnya memiliki basis ide yang tidak jauh berbeda dari konsep marketing traditional di dunia nyata.

Nah, umumnya perusahaan akan merekrut orang sebagai sales marketing untuk menjual produk dan kemudian memberikan komisi atau bonus jika mereka berhasil menjual produk.

Konsep dasar ini juga sama dimiliki oleh affiliate marketing. Suatu bisnis online akan mencari affiliate marketer mereka.

Misalnya mereka akan merekrut 5 orang, nah tiap orang akan memiliki ID dan link khusus untuk bisa tersambung pada katalog website perusahaan bisnis online tersebut.

Marketer akan menerima bonus berupa uang dan ataupun reward lain jika ada visitor yang akhirnya membeli produk atas saran dan link web yang diberikan mereka, seperti referensi.

Biasanya selain komisis per penjualan, ada juga web site yang memberikan komisi berulang setiap bulan berupa reward tertentu. Tergantung dari perjanjian yang dibuat perusahaan dengan marketer.

Komponen Afilliate Marketing

Sebenarnya bisnis affiliate marketing ini terdiri dari empat komponen utama yang harus ada.

Pertama adalah pedagang (pemilik situs online business) yang akan menjual produk mereka dengan online based system.

Yang kedua ialah network, atau di perusahaan riil kita anggap sebagai tim manajemen yang bertugas mencari affiliate dan menentukan pembayaran system afilisiasi.

Pihak ketiga ialah markerter atau afilliate itu sendiri yang bertugas menawarkan item.

Dan yang terakhir adalah pasar atau konsumen.

Apabila semua komponen affiliate marketing tersebut dipenuhi secara sempurna, maka bisnis online dapat dipastikan akan berjalan dengan baik. Pedagang yang memiliki online based system harus mampu mengusasai pasar dan menguasai teknik pengendali dan pemasaran.

Network, atau tim manajemen juga haruslah gabungan dari para profesional yang menguasai bidangnya masing-masing, sehingga semua berjalan terencana dan terorganisir. Marketer, atau affiliate, juga diharapkan merupakan tim yang solid dan menguasai pasar sehingga semua barang dapat terdistribusi secara merata.

Pasar, merupakan komponen penting dari semua keseluruhan komponen ini. Pedagang harus mampu memilih pasar dari tingkatan yang sesuai dan menebak selera mereka.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2017 ezaa.org. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by ezaa